Sabtu, 21 April 2018

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Memilih Memasang Rumput Sintetis

Saat memilih menggunakan rumput sintetis, baik di tempat kerja atau rumah, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Tujuannya, agar pemasangan rumput sintetis tidak hanya terlihat cantik, tapi juga berfungsi dengan baik. Hal-hal tersebut antara lain adalah:

Perencanaan Yang Jelas

Saat memilih memasang rumput sintetis, Anda harus mempersiapkan segalanya dengan matang. Persiapan tersebut mencakup berbagai hal, termasuk di antaranya adalah keberadaan alat-alat dan bahan pendukung, seperti pasir, sikat, sekop, lem yang cepat kering, ataupun cutter.

Pihak penjual biasanya menyediakan panduan pemasangan serta peralatan dan bahan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, pastikan untuk membaca panduan tersebut dan tidak ada material yang terlupakan. Dengan persiapan yang komplet, pemasangan tidak akan membutuhkan waktu lama.

Selain itu, perencanaan juga melihat lokasi pemasangan rumput sintetis. Apakah lahan tersebut bakal sering digunakan? Apakah area itu menjadi tempat bermain anak atau hewan peliharaan? Dengan mempertimbangkan hal tersebut, Anda bisa memilih tipe rumput sintetis yang akan dipakai.
Misalnya, untuk area yang sering digunakan tempat bermain dan banyak dilewati, pastikan untuk memakai rumput sintetis yang punya ketahanan tinggi. Sebaliknya, pilih jenis rumput buatan dengan tingkat ketahanan tidak terlalu tinggi untuk area yang tidak begitu sering digunakan sebagai tempat bermain.

Pilih Rumput Sintetis Dengan Kualitas Terbaik

Kalau Anda adalah tipe orang yang tidak begitu mengerti dengan kualitas rumput sintetis, caranya tidak terlalu sulit. Pilih produk rumput buatan yang memiliki tampilan paling alami. Jangan memilih rumput buatan yang sekilas sudah bisa diketahui kalau rumput tersebut bukan rumput asli, tapi terbuat dari plastik.

Selain dari segi tampilan yang terlihat alami, ada pula beberapa faktor yang dapat dipertimbangkan untuk menilai kualitas rumput sintetis. Faktor tersebut antara lain adalah densitas, tekstur, serta ada tidaknya lubang untuk drainase.

Densitas mengindikasikan banyaknya serat atau fiber pada permukaan rumput sintetis. Semakin banyak serat, penampilan rumput sintetis pun akan terlihat semakin bagus. Sementara itu, tekstur yang lembut menjadi pertimbangan tepat, terutama kalau Anda ingin menaruhnya di rumah dengan banyak anak kecil.

Perlu diperhatikan, rumput sintetis yang memiliki densitas serat tinggi membuatnya memiliki bobot yang berat. Jenis rumput buatan seperti ini akan cocok kalau ditaruh di pekarangan. Namun, untuk opsi rumput sintetis yang ditempatkan di area rooftop, usahakan untuk menggunakan rumput buatan dengan densitas rendah.

Kalau budget Anda terbatas, tidak ada salahnya juga untuk menggunakan rumput sintetis dengan densitas rendah dan harganya cukup murah. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan infill untuk meningkatkan ketahanan serta kenyamanannya.

Saluran Air

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan saat proses instalasi rumput sintetis adalah menyiapkan saluran air. Apalagi, kalau Anda memilih menempatkan rumput sintetis tersebut di luar ruangan. Dengan curah hujan yang tinggi, mau tidak mau saluran air yang bagus harus terlebih dulu dipersiapkan.

Kalau hal ini tidak dilakukan, maka akan berdampak pada rumput sintetis tersebut. Memasang rumput sintetis tanpa adanya saluran drainase yang bagus, bisa membuat tampilannya rusak. Tak jarang, rumput buatan itu akan terlihat seperti membusuk dan mengkerut.

Pengukuran Yang Akurat

Pengukuran juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan saat ingin memasang rumput sintetis. Sebagian besar orang, kerap berpendapat bahwa akan lebih baik membeli dengan ukuran lebih banyak dibandingkan kurang. Namun, kelebihan tersebut tidak akan terjadi kalau Anda sebelumnya telah melakukan pengukuran lahan secara akurat.

Pengukuran lahan tempat pemasangan rumput sintetis juga tidak bisa dilakukan secara serampangan. Bisa jadi hasilnya malah buruk, dan pada akhirnya ukuran rumput sintetis yang dipesan tidak sesuai. Tampilan lahan tersebut pun akan terlihat sangat aneh kalau ada bagian yang belum tertutupi oleh rumput sintetis. Tidak ingin seperti itu, kan?

Lakukan Pembelian Dalam Sekali Waktu

Saat melakukan pemasangan rumput sintetis, pastikan untuk secara langsung melakukan transaksi pembelian untuk seluruh lahan yang ditentukan. Jangan sampai Anda memilih untuk memasang rumput buatan secara mencicil.

Ketika melakukan sekali transaksi pembelian, Anda bisa memperoleh rumput sintetis dengan kualitas dan tampilan yang sama. Namun, hal berbeda kalau Anda memilih melakukan pembelian secara bertahap. Bisa jadi, warna rumput sintetis yang dibeli pertama kali, berbeda dengan transaksi berikutnya.

Apalagi, perbedaan warna pada produk rumput sintetis tidak akan terlalu kelihatan kalau diperhatikan sekilas. Mengingat, semuanya berwarna hijau, seperti lime green, olive green, darker green, dan sebagainya. Perbedaan warna tersebut akan terlihat sangat mencolok kalau sudah dihamparkan dalam ukuran yang besar.

Pilih Infill Yang Tepat

Tidak hanya perlu memilih jenis rumput, Anda juga harus menggunakan infill yang sesuai. Terdapat 2 jenis infill yang sering digunakan, yakni pasir dan potongan karet. Keberadaan infill membuat permukaan rumput sintetis akan terasa lebih empuk. Pemilihan infill ini juga bisa disesuaikan dengan bujet yang disiapkan.

Selain itu, infill juga harus diperbaharui setidaknya setahun sekali. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan ketahanan dan kenyamanan rumput sintetis tersebut. Apalagi, kalau area permukaan rumput sintetis tersebut menjadi tempat dengan intensitas aktivitas sangat tinggi.

Pertimbangan keamanan

Dalam memasang rumput sintetis, keamanan juga harus menjadi pertimbangan. Bermain olahraga di lapangan sintetis memang tidak terlalu berisiko menimbulkan cedera. Hanya saja, suhu di lapangan sintetis akan terasa jauh lebih panas dibandingkan dengan lapangan yang menggunakan rumput asli.

Perbedaan suhu antara permukaan lapangan rumput sintetis dengan lapangan rumput asli pun sangat jauh, bisa mencapai 60 derajat Celcius. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan sistem pendingin yang sesuai agar kondisi lapangan tidak terlalu panas. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah dengan memasang tabir di bagian atas lapangan.

0 komentar:

Posting Komentar